Inilah Rahasia Sukses Dalam Menjalankan Bisnis Toko Roti

Toko roti merupakan salah satu bisnis kuliner yang juga dapat berpotensi menjadi usaha yang menguntungkan. Sebut saja banyak toko roti terkenal yang bermunculan seperti JCO, BreadTalk, Holland Bakery, BreadLife, dan lain sebagainya. Tentunya cocok bagi Anda yang hobi dan jago dalam membuat macam-macam roti dan kue.

Namun bisa dibilang, bisnis kuliner yang satu ini cukup menantang untuk dijalankan, mengingat toko roti harus fresh setiap hari dan kini telah ada banyak macam toko roti yang sudah dibuka.

Meskipun begitu, jangan berkecil hati. Anda tetap dapat mewujudkan impian untuk membuka dan menjalankan toko roti. Hanya saja, perlu dipastikan untuk melakukannya dengan cara yang tepat dan benar.

Untuk itu, kami telah mengumpulkan beberapa tips menarik seputar membuka dan menjalankan toko roti dengan tepat supaya dapat meraih kesuksesan seperti berikut :

  • Manfaatkan media sosial

Jika ingin toko roti sukses, maka cobalah untuk memaksimalkan pemasaran. Salah satunya lewat penggunaan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Dengan membuat akun untuk tempat usaha di media sosial tersebut, maka Anda akan lebih mudah untuk menjangkau para pelanggan mengingat kini telah banyak orang yang memiliki akun media sosial bahkan secara aktif terlibat di dalamnya.

Memanfaatkan media sosial bisa dengan cara posting foto roti dan kue secara rutin, posting foto kegiatan dapur, memberitahu tentang promo atau diskon, hingga memberitahukan berbagai informasi terkait kegiatan-kegiatan lainnya yang akan dilakukan.

  • Terbuka untuk pemesanan dan pengantaran online

Tidak hanya berinteraksi dengan para pelanggan lewat media sosial, cobalah juga untuk terbuka dengan sistem pemesanan dan pengantaran online. Hal ini mengingat kini mulai ada banyak masyarakat yang mulai menggunakan aplikasi pemesanan makanan online yang dapat memudahkan mereka untuk membeli roti dan kue yang diinginkan.

Anda dapat menyediakan fasilitas pemesanan online lewat website atau aplikasi yang sudah dibuat. Jika dirasa tidak mungkin atau biaya pembuatan dirasa terlalu mahal, dapat bekerja sama dengan bisnis penyedia jasa pemesanan makanan online lainnya.

  • Buat dan evaluasi rencana bisnis

Seperti kebanyakan bisnis lainnya, bisnis kuliner seperti toko roti juga tetap membutuhkan rencana bisnis yang matang. Jadi, apabila Anda belum memiliki rencana bisnis, buatlah dari sekarang rencana bisnis untuk toko roti tersebut.

Rencana bisnis toko roti meliputi bahan yang dibutuhkan, lokasi yang ingin ditentukan, peralatan yang diinginkan dan hal-hal lainnya seputar mengelola karyawan. Sebaliknya, jika Anda sudah memiliki rencana bisnis untuk toko roti tersebut, maka yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi rencana bisnis. Apakah ada bagian dari rencana bisnis yang masih perlu ditambahkan atau bahkan diubah.

Bagi Anda yang sudah cukup lama menjalankan usaha tersebut, bisa juga mengevaluasi rencana bisnis dengan melihat apa saja target yang sudah tercapai yang tertulis dalam rencana bisnis. Apabila ada yang belum tercapai, maka bisa dipertimbangkan apakah cara untuk mencapainya ada yang kurang tepat sehingga perlu dikembangkan, dan lain-lain.

  • Pilih lokasi strategis

Lokasi yang strategis juga dapat berpengaruh pada kesuksesan toko roti. Maka dari itu, cobalah untuk memilih lokasi yang mudah terlihat dan dijangkau oleh para pengunjung. Lokasi strategis untuk toko roti meliputi lingkungan yang bersih, tempat yang luas, sirkulasi udara yang terjaga, penempatan lighting yang tepat, dan kemudahan bagi para pelanggan untuk melihat-lihat serta memilih kue dan roti yang diinginkan.

  • Pilih supplier yang tepat dan terpercaya

Memilih supplier yang tepat dan terpercaya akan sangat membantu kelancaran usaha toko roti. Mengapa demikian? Karena jika bagian bahan baku sudah aman, maka pebisnis kuliner akan dapat menggunakan waktu, tenaga serta pikirannya untuk hal-hal lain yang juga tidak kalah penting. Misalnya seperti bagaimana mengembangkan bisnis, menjaga kenyamanan pelanggan, melatih karyawan, mengatur keuangan, dan sebagainya.

Toko roti tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya pemilihan bahan baku yang berkualitas baik. Seperti yang diketahui toko roti banyak menggunakan bahan pokok seperti tepung terigu, tepung maizena, gula, baking soda, baking powder, margarine, butter, mentega, ragi (yeast), susu, dan telur.

Tidak jarang juga membutuhkan berbagai bahan pokok lain untuk isian roti. Seperti daging (ayam atau daging sapi), cokelat, keju, berbagai jenis selai, dan bermacam isian lainnya.

sumber: sinergy world

Comments are closed.