Membisniskan Barang Bekas, Begin Peluang dan Caranya

Perlu kamu ketahui bahwa barang bekas tak selamanya tidak punya nilai dan manfaat. Pasalnya barang bekas dapat jadi sangat menguntungkan bagi pemiliknya karena mampu menjadi peluang usaha atau bisnis yang menggiurkan. Apalagi di Indonesia, yang mana jika ada barang bekas layak pakai dengan diberi sentuhan tangan kreatif akan kembali lagi laku terjual. Selain itu harga awal pembelian barang bekas inipun terbilang cukup murah. Itu sebabnya bisnis dalam bidang ini berpeluang cukup besar untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Beberapa barang bekas yang bisa kamu jual seperti buku, busana, bahkan sampai barang elektronik juga furniture. Bahkan ada pula lho beberapa kota di Indonesia seperti bandung dan Jakarta membuka toko untuk bisnis satu. Lantas apa saja tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis ini? Berikut 6 tips bisnis jual beli barang bekas.

  1. Fokus pada satu jenis barang tertentu

Tips pertama untuk jual beli barang bekas adalah kamu harus menentukan kategori barang bekas apa untuk bisnis kamu. Sebagai pemula kamu tentu harus focus pada satu kategori barang bekas saja untuk diperjual belikan. Misalnya pakaian, onderdil kendaraan ataupun elektronik saja. Dengan penentuan kategori ini akan membantu kamu menentukan segmentasi pasar dan strategi yang akan kamu jalankan.

  1. Berikan harga yang masuk akal

Ini merupakan bisnis jual beli barang bekas, jadi kamu harus realistis dalam memberikan harga. Perlu disadari bahwa kamu tak bisa memberikan harga diatas harga barunya. Maka dari itu standar untuk barang bekas ini harus relative miring. Ya meskipun kondisi barangnya nampak seperti baru sih. Tetap saja kamu harus menawarkan harga yang masuk akal pada para konsumen.

  1. Berhatikan kondisi barang

Ini berarti kamu harus memperhatikan bagaimana kondisi barang bekas yang akan dijual. Disini kamu harus bisa memilah barang bekas mana yang kondisinya tidak terlalu buruk dan masih layak pakai. Sebenarnya konsumen sudah paham bahwa barang yang mereka beli kondisinya tidaklah baik. Namun perlu kamu ingat juga bahwa konsumen membeli niatnya adalah untuk dipakai kembali.

  1. Banyaklah berburu barang bekas

Tips selanjutnya adalah kamu juga harus banyak-banyak berburu barang bekas. Untuk menjual barang bekas ini, tentu kamu harus membelinya terlebih dahulu bukan? nah untuk mendapatkan harga beli terbaik, kamu juga musti rajin-rajin berburu kesana kemari untuk mendapatkannya. Setelah kamu menemukan tempat/ personal yang dapat memberikanmu barang bekas dengan kualitas baik, maka bisa tuh kamu jadikan partner usaha.

  1. Pilih lokasi yang strategis

Sama halnya dengan bisnis-bisnis lain, jual beli barang bekaspun membutuhkan lokasi yang strategis guys. Ya meskipun produk yang djual kategori bekas, namun kamu akan mendapatkan banyak pelanggan apabila lokasi yang kamu pilih strategis dan mudah dijangkau. Nah setelah mendapatkan lokasi yang pas, selanjutnya kamu musti menata tempat dengan rapi agar terlihat menarik serta unik.

  1. Promosikan barang bekas kamu

Tips jual beli barang bekas terakhir adalah melakukan promosi. Sama seperti bisnis pada umumnya, disini kamu juga musti melakukan promosi. Lakukan promosi dengan berbagai cara baik offline berupa brosur, spanduk dll ataupun online via social media.

Nah itulah 6 tips jual beli barang bekas menurut berita terbaru. Bagaimana sangat mudah bukan memulai bisnis jual beli kategori satu ini. Semoga bermanfaat dan see you.

Comments are closed.