Dampak Tidak Melakukan Imunisasi Bayi Sejak Dini

Apakah Anda sudah memberikan tahap keibuan secara lengkap kepada anak Anda? anda perlu dan bahkan wajib memberikan imunisasi ini kepada anak Anda. imunisasi merupakan hal yang sangat penting diberikan kepada anak Anda sejak ia lahir. Mengapa demikian? Ini karena imunisasi sangat berguna dalam mencegah berbagai penyakit berbahaya yang dapat menular dengan mudah yangmana bisa membawa anak Anda hingga kematian.

Meskipun sudah diberikan berbagai sosialisasi terkait hal tersebut, masih ada saja orang tua yang tidak memberikan imunisasi kepada anaknya. Sebagian besar orang tua yang tidak mau melakukannya beranggapan bahwa mereka takut dan khawatir anak mereka akan sakit setelah melakukannya. Akhirnya, bayi mereka tidak mendapatkan imunisasi. Jika ini terjadi, apakah Anda tahu apa saja dampak yang bisa saja terjadi pada anak? Berikut ini adalah dampak yang bisa mengancam bayi Anda jika tidak melakukan imunisasi.

  1. Rentan Terkena Penyakit

Dalam tubuh anak, sebenarnya sudah ada kemampuan bawaan yangmana dapat melindungi tubuh si anak dari virus dan bakteri. Kemampuan ini sudah ada sejak anak masih berada di dalam kandungan. Meskipun begitu, kemampuan ini tidak sekuat dengan sistem imun yang dimiliki oleh orang dewasa. Mengapa demikian? Ini karena sistem imun bayi merupakan sistem imun yang didapat dari tubuh ibu yang bisa mengalami penurunan selama beberapa bulan awal secara pasif. Akibat dari ini maka sistem imun bayi yang ada di dalam tubuhnya belum terbentuk antibodi secara sempurna yang kuat.

Jika anak tidak diberikan imunisasi bayi, maka anak Anda akan memiliki risiko penyakit yang lebih tinggi lagi yang bisa mengakibatkan anak terkena cacat dan bahkan kematian. Jika Anda tidak mau anak Anda mengalaminya maka Anda harus memberikan imunisasi pada anak agar bisa melindungi diri dari berbagai virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

  1. Terancam Kematian

Hal yang sangat tidak diinginkan bagi orang tua terhadap anaknya adalah kematian. Jika Anda tidak memberikan anak Anda imunisasi sedini mungkin sama sekali, maka anak Anda akan sangat berisiko terkena berbagai penyakit yang sangat berbahaya seperti campak berat, hepatitis B, polio dan lain sebagainya. Dan yang lebih parahnya lagi adalah bisa mengancam anak terkena ancaman kematian.

Sistem kekebalan tubuh yang ada pada diri seorang anak yang tidak diberikan imunisasi tidak akan sekuat anak yang telah diberikan imunisasi. Ini bisa disebabkan karena tubuh anak tidak diimunisasi tidak bisa mengenali virus penyakit yang masuk ke tubuh mereka sehingga anak tidak bisa melawannya. Akibat dari hal ini adalah anak jadi rentan terhadap serangan penyakit. Dan jika mereka yang tidak diberikan imunisasi terkena atau menderita sakit, maka biasanya juga sang anak bisa menularkannya kepada orang-orang yang ada di sekitarnya yangmana dapat membahayakan orang lain. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan anak yang sudah diberikan imunisasi.

Dampak dari anak yang tidak diberikan imunisasi bayi sejak dini tentunya akan membuat si anak menderita. Jika Anda tidak mau anak Anda mengalami hal yang demikian ini maka Anda wajib memberikan imunisasi terhadap anak Anda.

Comments are closed.