Cara Menghitung Siklus Haid dan Raih Keuntungannya

Menstruasi merupakan sesuatu yang wajar dialami oleh setiap wanita. Biasanya menstruasi terjadi dalam rentang waktu 28 hari. Bagi wanita dewasa, terkadang siklus haid bisa mencapai 21 hingga 45 hari. Tak perlu khawatir jika anda mengalami datang bulan setelah lebih dari 30 hari, karena itu tetap masih normal. Hanya sekitar 10-15 persen wanita yang mengalami masa haid 28 hari.

Karena tubuh seorang wanita membutuhkan adaptasi. Semisal anda mengalami menstruasi direntang waktu 28 hari selama tiga hingga empat bulan berturut-turut. Namun di bulan kelima berubah menjadi rentang 30-35 hari. Anda tidak perlu khawatir kalau anda sedang mengalami siklus yang berbeda.

Karena terkadang ada wanita yang merasa panik ketika siklus haidnya tiba-tiba berubah. Biarkan saja, karena ini merupakan hal yang wajar yang terjadi pada tubuh wanita, baca juga ID-Optimis.Org. Dan contoh perhitungan diatas masih termasuk hal yang normal.

Sebagai wanita mengetahui siklus haid merupakan kewajiban anda. Sehingga anda juga akan mengetahui apakah haid anda selama ini teratur atau tidak. Tentunya dengan mengetahui siklus haid, maka anda juga bisa memperkirakan kapan masa subur anda berlangsung. Jadi apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan dari menghitung siklus haid?

Namun sebelum mengetahui manfaatnya, anda harus terlebih dahulu mengetahui hal-hal pada siklus datang bulan anda, yaitu:

Ketahuilah tanggal kapan Anda Haid

Sepertinya anda harus memiliki kalender khusus untuk mengetahui fase haid anda. Dengan begitu maka anda akan bisa mengetahui apakah haid anda teratur atau tidak. Sehingga anda juga mengetahui berapa lama anda mengalami haid.

Selalu beri tanda pada kalender khusus milik anda kapan hari pertama anda haid dan kapan anda berhenti dari haid.

Perhatikan Darah yang Keluar

Memperhatikan darah haid yang keluar menjadi salah satu sehat atau tidaknya anda. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menghitung berapa kali anda mengganti pembalut selama satu hari. Normalnya mengganti pembalut dua hingga tiga kali dalam satu hari. Jika anda mengganti lebih dari itu maka bisa dipastikan anda mengalami ketidaknormal dalam haid.

Warna dari darah yang Keluar

Saat anda mengalami haid, coba perhatikan darah yang keluar. Apakah darah tersebut terdapat flek hitam. Jika pada darah anda mengalami flek tersebut, dipastikan ada hal yang tidak normal dari datang bulan anda. Segeralah untuk memperiksakannya ke dokter.

Rasa Sakit Berlebihan

Sebenarnya rasa sakit saat haid selalu dialami oleh setiap wanita. Tetapi apakah rasa haid tersebut terasa sangat berlebihan atau tidak. Jika tidak dipastikan hal itu terjadi dengan normal. Namun jika anda merasakan sakit yang berlebihan, dipastikan kalau anda mengalami ketidaknormalan haid.

Berikut manfaat yang bisa anda dapatkan dari menghitung siklus haid:

Mengetahui Normal atau Tidaknya Haid Anda

Saat anda menghitung siklus haid yang terjadi, mungkin itu menjadi salah satu cara mengetahui lancar atau normal tidaknya haid yang terjadi pada anda. Jika anda tidak menghitungnya dan mengetahui kapan anda halangan dan tidak.

Mengetahui Kapan Masa subur Anda

Mungkin anda adalah pasangan baru, sehingga anda menginginkan memiliki momongan dalam waktu dekat. Agar anda bisa memiliki momongan dalam waktu dekat ada cara yang bisa anda lalui. Salah satunya adalah dengan mengetahui kapan masa subur anda.

Cara menghitung masa subur siklus haid anda adalah dengan menghitung hari pertama mengalami menstruasi. Masa subur dapat dihitung 14 hari setelah memasuki hari haid bulan sebelumnya. Ada yang mengatakan masa subur siklus haid terjadi mulai dari hari ke 11 hingga ke 14 setelah menstruasi dengan dihitung dari hari pertama datang bulan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *