Cara Pengolahan Air bersih yang sebaiknya anda tahu

Air bersih menjadi hal yang sangat penting dalam hidup manusia agar dapat melangsungkan kehidupannya, karena memang air adalah kebutuhan pokok manusia. Pernahkan anda mendengar adanya kekurangan air bersih disebuah daerah? Bagi anda yang saat ini memiliki persediaan air bersih yang melimpah mungkin akan terasa sangat sepele untuk mendapatkan air, tapi bagaimana dengan kondisi daerah yang sulit mendapatkan air bersih? Mungkin harga air bersih sangatlah mahal nilainya. Maka dari itu bersyukurlah anda yang saat ini memiliki ketersediaan air bersih yang melimpah.

Bagaimanakah cara pegolahan air bersih? Secara umum, pengolahan air bersih dapat dibedakan menjadi 3 aspek, yang pertama pengolahan secara fisika, yang kedua pengolahan secara kimia dan yang ketiga pengolahan secara biologi. Pengolahan secara fisika, merupakan pengolahan air bersih yang dilakukan secara mekanis, tanpa adanya bahan kimia. Misalnya adalah pengendapan, filtrasi, adsorpsi, dll. Pengolahan secara kimiawi, yaitu pengolahan air bersih dengan memanfaatkan penambahan bahan kimia, misalnya klor, tawas, dll, fungsi bahan kimia ini adalah untuk menyisihkan logam-logam berat yang terkandung dalam air. Sedangkan pengolahan secara biologis, yaitu pegolahan air bersih dengan memanfaatkan mikroorganisme sebagai media pengolahnya. PDAM (Perusahaan Dagang Air Minum), dalam pengolahan air bersih biasanya melakukan pengolahan air bersih secara fisika dan kimia.

Demikianlah informasi tentang  cara pengolahan air bersih, semoga dapat membantu anda dan menginspirasi anda untuk menggali ilmu pengetahuan lebih dalam.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *