Cirebon, merupakan kota yang terletak di jalan pantura yang merupakan jalur utama penghubung antara kota Jakarta dengan kota Surabaya. Cirebon sendiri termasuk wilayah dari provinsi Jawa Barat. Sudah lama Cirebon dikenal dengan sebutan kota batiknya Jawa Barat. Dari terkenalnya kota batik ternyata cirebon juga memiliki tempat wisata yang bisa dijadikan destinasi di Indonesia. Beberapa objek wisata di Cirebon yang perlu anda kunjungi adalah :

Desa Wisata Cikahalang

Desa cikahalang masuk dalam wilayah administrasi kecamatan Dukupuntang. Di Desa Wisata Cikahalang yang paling utama adalah sebagai wahana tempat pemancingan. Disamping sebagai tempat pemancingan juga terdapat wisata kuliner dengan mengedepankan menu utama ikan bakar yang masih segar, bahkan para pelanggan bisa memilih ikan sendiri dengan cara memancing secara langsung untuk kemudian di bakar di salah satu rumah makan yang di kunjungi.

Keraton Kasepuhan

Keraton yang di bangun pada tahun 1529 masehi ini adalah keraton pertama yang ada di Cirebon. Keraton ini juga memiliki bangunan yang megah dengan dikelilingi tembok bata dengan corak merah. Untuk saat ini, bangunan tersebut masih berdiri kokoh dan menjadi salah satu objek wisata di Cirebon yang banyak di kunjungi baik wisata lokal maupun dari luar kota. Apabila mengunjungi tempat wisata Keraton Kasepuhan tepat pada tanggal 1 Syawal di tahun hijriah maka akan melihat benda-benda pusaka yang di keluarkan dari dalam keraton tiap tahunya. Benda-benda pusaka itu adalah sebuah kereta singa dan juga benda-benda pusaka lainnya yang merupakan peninggalan pada masa kesultanan terdahulu.

Keraton Kanoman

Keraton Kanoman di dirikan pada tahun 1588 dan jaraknya tidak jauh dari Keraton Kasepuhan yaitu berjarak kurang lebih 600 meter. Di dalam Keraton Kanoman terdapat museum yang menyimpan berbagai macam benda sejarah diantaranya yaitu piring-piring antik hadiah dari Eropa yang merupakan koleksi dari sultan. Bila berjalan dari Keraton Kasepuhan menuju Keraton Kanoman maka akan melewati sebuah pasar tradisional yang menjual pernak-pernik sebagai hadiah oleh-oleh  untuk dibawa pulang.

Banyu Panas Palimanan

Bantu panas ini merupakan sebuah taman yang terletak di desa Paliaman Barat, Paliaman Cirebon. Jarak tempuh ke lokasi objek wisata di Cirebon ini sekitar 25 sampai 30 menit dari pusat Kota Cirebon. Taman ini selalu ramai di setiap akhir pekan sebagai pengisi acara liburan yang tidak sempat berlibur ke luar kota. Air panas yang terdapat di taman ini merupakan air panas alami yang mengandung belerang dan ada kepercayaan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Taman Sari Gua Sunyaragi

Lokasi objek wisata di Cirebon ini terdapat di kelurahan Sunyaragi Kesambi. Di tempat wisata ini akan terlihat bangunan seperti candi dan itu merupakan gua dengan beberapa lorong yang mirip labirin. Dengan banyaknya pepohonan di sekitar taman maka terkesan akan hijau dan begitu tenang sebagai destinasi wisata. Di sekitar gua juga banyak terdapat para penjual pernak pernik oleh-oleh yang khas dan ada juga saung untuk tempat istirahat.

Taman Ade Irma Suryani Nasution

Taman ini pada awalnya bernama “Taffic Garden Cirebon”. Akan tetapi di tahun 1966, taman ini berubah nama menjadi “Taman Ade Irma Suryani Nasution” sampai sekarang. Taman yang merupakan terbesar di Kota Cirebon ini banyak di kunjungi wisatawan lokal bersama dengan keluarga. Selain luas lokasinya, di dalam objek wisata di Cirebon ini juga terdapat kebun binatang mini dan wahana tempat bermain anak-anak.

Itulah beberapa destinasi objek wisata di Cirebon yang bisa ada kunjungi saat singgah atau mengunjungi kota Cirebon. Selamat berlibur.

Sumber: raja ampat holidays