Raja Ampat merupakan suatu kepulauan yang terletak di wilayah Papua. Dengan keindahan alam yang sangat mempesona menjadikan pulau ini sudah dikenal seluruh pelosok dunia. Keindahan bawah laut yang tak kalah eksotis membuat laut Raja Ampat menjadi tempat wisata dengan julukan kawasan amazon lautan dunia karena letak dari tempat wisata yang berada tepat di-pusat segitiga karang dunia.

Banyak yang masih beranggapan bahwa Raja Ampat adalah objek wisata yang hanya terdiri dari empat pulau dengan batu timbul, kenyataannya tidak. Tempat ini merupakan nama kabupaten di provinsi Papua Barat dengan letak tepat di kepala burung pulau papua. Wilayah terbagi menjadi dua: selatan dan utara. Jumlah pulaunya kurang lebih 610 pulau dan hanya 35 pulau yang dihuni penduduk.

Nama Raja Ampat sendiri berasal dari mitos penduduk. Jika diartikan ke dalam bahasa indonesia bermakna empat raja. Alasan para wisatawan mengunjungi pulau ini tak lain untuk melihat keindahan dan keunikan alam bawah laut dan juga keindahan alam sekitar seperti tempat wisata. Selain itu, anda juga dapat menjelajahi pulau-pulau besar maupun kecil, hutan tropis, pegunungan, keanekaragaman kehidupan satwa, dan yang paling indah dari bagian lautnya yaitu pasir putih.

Rute Perjalanan atau Transportasi

Jika anda sebagai wisatawan dalam negeri yang baru pertama kali hendak mengunjungi pulau ini, rute yang harus ditempuh untuk sampai ke lokasi adalah dengan melakukan perjalanan udara terlebih dahulu ke kota Sorong, Papua Barat. Untuk wisatawan luar negeri, tidak ada penerbangan langsung melainkan harus transit terlebih dahulu di Jakarta, Surabaya, Makassar atau Denpasar dan kemudian penerbangan terakhir yang menuju kota Sorong.

Rute selanjutnya untuk sampai ke pelabuhan rakyat dan menuju ke ibukota anda bisa menggunakan kendaraan taksi dengan menawar harga sesuai dengan keinginan. Untuk rute yang paling ditunggu-tunggu yaitu menggunakan transportasi laut dengan menaiki kapal Ferry yang biasa berangkat pukul 14.00 WIT. Untuk anda yang ingin menikmati perjalanan air dengan lebih santai, anda bisa menyewa speed boat yang baiknya dinaiki sebelum air laut naik atau sebelum pukul 12.00 WIT.

Sangat disarankan membawa sendiri bekal makanan ringan. Karena semakin mendekati kota tujuan wisata, harga keperluan perbekalan menjadi semakin mahal. Anda bisa menghemat budget untuk keperluan lain nantinya. Setibanya di pelabuhan Waisai, anda harus mendatangi kantor Depbudpar guna membayar biaya konservasi yang wajib bagi wisatawan yang berkunjung. Dilanjutkan menuju ke kota untuk mendapatkan fasilitas penginapan untuk beristirahat.

Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan

  • Berbaur dengan masyarakat setempat, seperti melakukan permainan kayak
  • Menikmati keindahan pulau-pulau karst
  • Melakukan snorkeling atau diving untuk melihat sejarah dan menikmati keindahan alam bawah laut
  • Melihat fauna seperti burung cendrawasih merah khas Papua Barat dan memberi makan kuskus
  • Melihat cara pembuatan kerajinan tangan masyarakat seperti pembuatan patung kayu
  • Trekking untuk melihat keindahan alam air terjun
  • Menaiki perahu untuk menjelajahi keindahan pulau Raja Ampat