Bagi anda yang akan berlibur ke Pulau Bali jangan sampai melewatkan belanja murah di kawasan ini. Memang, bentuk dari objek yang ditawarkan sebagiannya berupa pasar modern yang bersih dan tertata rapi, bukan desain berbentuk mall layaknya Jakarta atau Bandung. Namun, di sinilah letak perbedaanya dengan keunikan dan keindahan menjadi ciri khas utama dari tempat belanja di pulau ini.

Pada beberapa hal lain mengenai wisata belanja tersebut, yakni seni yang saling terkait, dimana modernitas tidak berhasil menggantikan kesenian yang terjaga di Pulau Dewata tersebut. Adapun tempat belanja di Bali harganya saling bersaing, yang penting anda pandai dalam menawarkan harga pas. Tetapi, ada tempat belanja yang sudah dibanderol cukup jadi tidak ada tawar menawar lagi. Berikut daftar tempat belanja murah di Bali.

Daftar Tempat Belanja Murah di Bali

tempat wisata

  1. Joger

Joger sangatlah terkenal di Pulau Bali maupun seluruh Indonesia yang mana terletak di Jalan Raya Kuta dan Jalan Raya Bedugul. Kebanyakan orang mengatakan bahwa, jangan ngaku ke Bali jika belum berbelanja di Joger. Maka dari itu, sambangi Pabrik Kata Kata Joger dengan membeli pakaian. Pasalnya tempat belanja ini terkenal dengan T-shirt yang menampilkan kata-kata lucu serta aneh, tentu saja anda sekalian akan menyukainya.

  1. Krisna Bali

Krisna Bali beralamat di Jl. Nusa Kambangan No. 160 A,  ataupun Jl. Raya Tuban Kuta, Kabupaten. Badung. Di sinilah tempatnya penjualan barang dengan oleh-oleh khas Bali. Adapun yang ditawarakan ialah ceker garing, dodol kering, buah salak dan masih banyak lagi. Selain itu, tawaran yang khas lainnya seperti kopi Kintamani, kopi Bali Spirit, dan kopi Mangsi yang semuanya kopi khas Bali. Bukan hanya itu, ternyata dijual pula berbagai pakaian yang ditawarkan cukup murah.

  1. Pasar Seni Kuta

Ini dia Pasar Seni Kuta yang sangata ramai dikunjungi oleh pelanggan dari wisatawan mancanegara. Biasanya mereka akan membeli kaus-kaus Bali dengan bahan rayon atau katun tipis. Karena lokasi pasar ini sangat strategis yang dekat dengan pusat keramaian tempat wisata Bali, sehingga banyak turis asing yang melewati kawasan pasar. Bukan hanya kaus saja yang ditawarkan, tetapi kerajinan seni seperti patung ukiran dan lukisan yang beragam jenis dan motifnya.

  1. Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati menyajikan pakaian dan kerajinan tradisional khas Bali yang terkenal dengan harga murahnya. Pakaian batik yang dimiliki oleh pasar seni ini yakni ciri khas batik ornament Bali atau mukena yang termurah. Di samping itu, dijual juga pakaian berupa baju atau celana. Hal yang menarik di Pasar Seni Sukawati, yakni anda bisa melakukan tawar menawar di sini. Harga keseimbangan antara penjual dan pembeli terbilang cukup murah ketimbang harga pada tempat pasar yang lainnya.

  1. Pasar Seni Ubud

Pasar Seni Ubud yang bisa anda temukan di depan Puri Agung Saren Ubud, tepatnya di persimpangan Jl. Monkey Forest. Di kawasan ini akan dijumpai para turis yang kerap kali menginap dan berjalan-jalan di sekitar pasar. Tempat belanja murah di sini menawarkan beragam produk yang sama seperti halnya pasar-pasar seni lainnya. Misalnya anda bisa membeli baju-baju bertuliskan Bali, tas yang dianyam, pakaian tradisional Bali, hingga patung dan lukisan. Maka dari itu, anda wajib menawarnya dengan harga serendahnya.

Baca Juga : Farm House Lembang

Selain anda harus menyiapkan budget untuk akomodasi, anda juga harus menyiapkan budget sendiri untuk belanja atau membeli oleh-oleh dari Bali yang telah disebutkan di bagian atas. Nah itu dia sekilas informasi tempat belanja yang ada di Bali.