Samsung Mobile kembali memperkenalkan seri terbarunya bernama Samsung Galaxy A7 2016 yang merupakan versi upgrade dari Galaxy A7 sebelumnya. Salah satu alasan yang mendasari keputusan ini adalah sukses dari Galaxy A7 lama dan diharapkan kemunculan Samsung Galaxy A7 2016 akan membuat para konsumen setianya tidak beralih ke produk lain. Produk ini mengusung fitur-fitur yang canggih dan mempuni dengan beberapa pembaruan.

Samsung Galaxy A7 2016 diplot untuk menyasar kelas premium yang antara lain hadir dengan jenis layar Super AMOLED ukuran 5,5 inci. Secara visual bentang layar ini memberi tampilan yang jernih dan lega bagi para penggunanya. Di bagian dalam terdapat chipset Exynos 7580 yang merupakan chipset besutan Samsung sendiri. Chipset ini didukung prosesor Octa-core dan RAM 3ZGB yang menjamin performa stabil, responsif dan handal. Lebih lengkapnya berikut ulasan mengenai Samsung Galaxy A7 2016.

Smartphone dengan dukungan Layar AMOLED 5,5 inci

Samsung Galaxy A7 2016 memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan Galaxy A7 versi lama. Samsung Galaxy A7 2016 memiliki layar AMOLED 5,5 inci yang tentu memberi kelegaan tersendiri bagi pengguna untuk beraktivitas seperti streaming video dan bermain game misalnya. Teknologi layar ini menghasilkan gambar Full HD 1080 x 1920 piksel dan kerapatan 401 ppi. Inilah rahasia gambar tajam dan berkualitas tinggi dari Samsung. Sebagai tambahan, Samsung Galaxy A7 2016 melindungi layarnya dengan perangkat anti gores secara built in.

Dapur pacu didukung Chipset Exynos 7580 dan Prosesor Octa-core 1,5 Ghz

Bagian dalam Samsung Galaxy A7 2016 sangat mempuni dengan dukungan chipset Exynos 7580 yang dikenal handal dan prosesor Octa core dengan clock speed 1,5 Ghz. Kombinasi keduanya inilah yang membuat performa Samsung Galaxy A7 2016 cukup tangguh dan stabil. Di samping itu dukungan RAM 3GB menjadikan Samsung Galaxy A7 2016 anti lelet dan bisa menjalankan multitasking secara lancar. Untuk pengolahan grafis Samsung Mobile mempercayakan GPU Mali T720 MP2 pada perangkat ini di mana tampilan grafis berkualitas tinggi akan memanjakan para gamer dan para penyuka video streaming karena kualitas Full HD yang bisa ditawarkan. Berbeda dari Galaxy A7 versi lama yang dipasang sistem operasi Android KitKat, Samsung Galaxy A7 2016 sudah didukung oleh sistem Android versi 5,1 Lollipop dengan beragam fitur serunya.

Kapasitgas Ruang Penyimpanan Internal 16 GB

Samsung Galaxy A7 2016 didukung memori internal ukuran 16GB untuk mendukung performa sistem secara keseluruhan. Ruang penyimpanan ini kira-kira akan dihabiskan seperempat bagiannya untuk menyimpan file-file dan aplikasi bawaan Samsung. Jadi, sisa tiga per empatnya masih bisa digunakan untuk menyimpan file-file penting pengguna seperti menyimpan foto, lagu, video atau aplikasi game baru. Di samping itu masih ada slot memori eksternal yang bisa memperluas kapasitas penyimpanan hingga 64 GB.

Duet Kamera 13 MP dan 5 MP yang memberikan foto dan video berkualitas

Samsung Galaxy A7 2016 merespon kebutuhan konsumen yang berorientasi fotografi dengan cara yang serius. Hal ini terbukti dengan dipasangnya dua perangkat kamera dengan resolusi tinggi. Untuk kamera belakang atau kamera utama Samsung Galaxy A7 2016 memiliki kamera ukuran 13 MP yang bisa menghasilkan foto dengan resolusi 4128 x 3096 piksel. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur touch fokus untuk hasil optimal dan juga ada LED Flash untuk mendukung pemotretan pada kondisi cahaya lemah. Kamera utama pada Samsung Galaxy A7 2016 juga menghasilkan video dengan resolusi 1080 pada 30 fps, cukup bagus untuk menghasilkan video yang bisa dipajang pada sosial media seperti facebook, twitter ataupun Youtube. Penggemar selfie tentu akan senang dengan resolusi yang ditawarkan kamera depan atau kamera sekunder Samsung Galaxy A7 2016 ini. Ada kamera 5 MP terpasang di bagian depan yang tentunya memberi hasil foto yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan kamera VGA biasa. Di samping itu kamera depan bisa juga dipakai untuk video call.

Akses internet dengan dukungan jaringan 4G LTE terbaru

Jaringan internet 4G LTE merupakan jaringan selular yang memberikan koneksi internet tercepat di Indonesia hingga saat ini. Dengan jaringan ini kecepatan downloading bisa mencapai 150 Mbps dan kecepatan uploading 50 Mbps. Semua operator selular di Indonesia sudah mulai bermigrasi ke jaringan 4G LTE meski tidak meninggalkan mode jaringan lama 2G dan 3G HSPA. Sebagai perbandingan, teknologi jaringan HSPC memiliki kecepatna download 42,2 Mbps dan kecepatan upload 5,76 Mbps. Jauh sekali bedanya bukan? Kabar baiknya adalah Samsung Galaxy A7 2016 mendukung semua jenis jaringan yang disebutkan di atas. Di samping itu ada perangkat koneksi jarak dekat antara lain WiFI, Bluetooth dan slot Micro FB. Fitur Radio juga dipasang pada perangkat ini sebagai tambahan. Untuk sistem navigasi, Samsung Galaxy A7 2016 menggunakan sistem navigasi A-GPS dan GLONASS yang bisa menentukan suatu lokasi secara akurat dan lebih real.

Kebutuhan Daya didukung Baterai berkapasitas 3000 mAh

Samsung Galaxy A7 2016 membutuhkan daya yang cukup besar untuk menjalankan operasi sistemnya. Oleh karena itu Samsung Mobile menyematkan baterai berkapasitas 3000 mAh pada perangkat ini. Sebenarnya untuk kelas yang sama, produsen lain memasang baterai dengan kapasitas yang lebih kecil.  Untuk pemakaian normal, baterai ini bisa mendukung daya smartphone hingga seharian penuh.

Berikut ini adalah ringkasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A7 2016

Kelebihan Samsung Galaxy A7 2016

  • Dual SIM card yang bisa diaktifkan secara bersamaan
  • Support 4G LTE untuk internet berkecepatan tinggi
  • Layar 5.5 inci memberi kelegaan dan gambar yang tajam
  • Resolusi Full HD. Kualitas video lebih bagus dibandingkan produk pesaing
  • Teknologi layar super AMOLED
  • Proteksi layar Corning Gorilla Glass 4
  • Bodi ramping membuat produk ini mudah dibawa.
  • OS Android Lollipop memberikan stabilitas yang dibutuhkan dalam operasi-operasiya.
  • Chipset Exynos 7580
  • Processor Octa-core 1.5 GHz
  • Gpu Mali-T720MP2
  • RAM 3 GB
  • Memori internal 16 GB. Cukup besar
  • Slot memori eksternal 64 GB. Cukup besar
  • Kamera 13 MP dan 5 MP. Lebih unggul dibanding produk pesaing
  • Bluetooth v4.1 A2DP, EDR,LE
  • Sistem navigasi A-GPS, GLONNAS/BDS

Kekurangan Samsung Galaxy A7 2016

  • Kamera depan 5 MP, kamera belakang 13 MP. Namun perlu diperhatikan pula bahwa resolusi ini sudah cukup besar dibandingkan dengan produk-produk pesaing. Selain itu, kualitas foto dan video yang dihasilkan juga ditentukan oleh perangkat grafis di dalma mesin smartrphone.
  • Harga mahal. Ini wajar karena memang Samsung Galaxy A7 2016 membidik pasar konsumen menengah ke atas.

Samsung Galaxy A7 2016 dibandrol dengan harga dalam kisaran 8 juta hingga 10 juta rupiah

sumber: http://www.infohpsamsung.com