Home » jasa

Keutamaan shalat dhuha

Keutamaan shalat dhuha dengan kisah-kisahnya adalah bagian dari agama islam atau sebagai kewajiban dari seluruh umat muslim di seluruh dunia karena shalat duha adalah termasuk salah satu ibadah dari umat muslim meskipun masuk dalam golongan shalat sunnah yakni shalat yang jika dilaksanakan mendapatkan manfaat serta pahala namun jika tidak dilaksanakan tidak mendapatkan dosa tidak seperti shalat yang tergolong wajib sebab harus dilaksanakan dan jika tidak dilakukan akan mendapatkan dosa yang sangat besar. Shalat duha adalah salah satu ibadah untuk meningkatkan amal ibadah umat islam serta meningkatkan aklhak manusia agar lebih dekat kepada sang pencipta alam yakni Allah SWT.

Shalat duha adalah termasuk shalat sunnah yang dapat dilakukan pada waktu tertentu yakni pada waktu pagi hari 7 jengkal matahari terbit sampai siang hari yakni waktu adzan shalat dzuhur dan tidak bisa dilakukan pada waktu lainnya oleh karena itulah bagi umat muslim harus melaksanakan shalat duha tersebut pada waktu yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Shalat duha pada dasarnya memiliki minimal 2 rakaat tetapi kebanyakan hadits menyatakan baha shalat duha dapat dilaksanakan dengan 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat, serta 12 rakaat namun rasullah tetap menganjurkan bahwa melaksanakan shalat duha minimal 2 rakaat dengan sesudahnya membaca surat surat pendek untuk melengkapi shalat duha tersebut.

keutamaan shalat dhuha

shalat duha memiliki keutamaan yang sangat istimewa bagi umat muslim yang senantiasa melaksanakan shalat tersebut setiap hari dan secara istiqomah bersserah diri kepada Allah SWT maka akan mendapatkan keutamaan sebagai berikut :

  1. Pahalanya seperti bersedekah

Mengerjakan shalat duha memiliki nilai sama seperti sedekah sedekah yang dimaksud yakni sedekah yang dibutuhkan oleh tubuh manusia yaitu sebesar 360 persendian tubuh manusia lebih jika melaksanakan shalat duha dengan ikhlas dan istiqomah. Umat muslim yang melaksanakan shalat duha akan mendapatkan ganjaran pahala sebanyak persendian pada tubuh manusia sebagaimana yang telah dikatakan oleh rasullah SAW.

  1. Akan dicukupi semua kebutuhannya

Shalat duha adalah salah satu shalat yang berfungsi untuk memohon rizki atau rejeki kepada Allah SWT sehingga umat islam yang melaksanakan shalat duha secara istiqomah kepada Allah pada awal hari maka Allah akan memenuhi semua kebutuhannya pada akhir hari oleh karena itulah semua manusia dianjurkan untuk melakukan shalat duha agar kebutuhan sehari hari atau rejekinya dapat memenuhi kebutuhannya sehari hari. Allah SWT juga berjanji kepada seluruh umatnya jika melaksanakan shalat duha secara ikhlas dan istiqomah maka akan dibangunkan rumah di surga

  1. Mendapatkan keuntungan yang lebih cepat

Seseorang muslim yang tekun melaksanakan shalat duha dengan cara ikhlas serta istiqomah maka ghanimah atau keuntungan akan lebih cepat didapatkannya pada hari itu setelah melaksanakan shalat duha tersebut. Hal ini sudah terbukti terjdi pda jaman rasullah pada saat orang mukmin melaksanakan shalat duha dan orang mujahid berangkat perang untuk membawa rapasan senjata terbukti dapat kembali lebih cepat serta membawa kemenangan juga pada saat peperangan itu terjadi dan hal ini dapat menjadikan motivasi bagi semua umat muslim untuk senantiasa melaksanakan shalat duha secara ikhlas istiqomah hanya kepada Allah SWT.

  1. Mendapatkan ganjaran rumah di surga

Bagi umat muslim yang melaksanakan shalat duha dengan cara ikhlas dan istiqomah maka Allah SWT berjanji akan membangunkan rumah di surga untuk umatnya tersebut.

Comments are closed.