Apakah Anda sekarang ini menjadi seorang guru? Pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang mulia. Karena Anda bertugas untuk memberikan ilmu kepada anak didik Anda, dengan cara membimbing, mengajar, mengarahkan, juga melatih dan mendidik anak didik Anda. Sayangnya ternyata kadang pekerjaan ini tidak sebanding untuk mereka yang masih menjadi guru honorer. Karena nilai gaji yang diberikan cukup minim, sehingga dibutuhkan sebuah usaha sampingan untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan menjadi baik.

Maka dari itulah, bila Anda ingin menjalankan peluang usaha sampingan, khusus untuk Anda yang kini menjadi seorang guru, maka Anda bisa mencoba beberapa usaha di bawah ini supaya Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan, antara lain:

  1. Karena Anda terbiasa dengan aktivitas belajar mengajar, tidak ada salahnya bila Anda memulai usaha bimbingan belajar atau les. Sehingga, Anda bisa mendapatkan tambahan gaji untuk pendapatan Anda.
  2. Cobalah untuk menjual barang Anda di koperasi. Jadi, pastikan untuk menjadikan koperasi ini sebagai sebuah usaha sampingan dan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Anda bisa menjadi seorang penyetok barang untuk kebutuhan para siswa yang belum tersedia di koperasi sekolah Anda. Beberapa alat atau barang ini bisa berupa kain seragam, alat peraga, aksesoris computer, hardware, dll.
  3. Anda bisa membuka usaha kuliner di kantin. Sehingga, Anda bisa menjual makanan ringan saat memasuki waktu istirahat.
  4. Menjalankan bisnis online juga merupakan salah satu cara untuk menambah penghasilan Anda. Anda bisa menjadi seorang internet marketing, SEO, pemasaran iklan, penulis artikel online, dll.
  5. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba usaha atau bisnis MLM. Meskipun mungkin sulit, namun ini cukup menjanjikan untuk Anda. Silahkan dicoba!

Nah, itu tadi beberapa usaha sampingan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk Anda yang ingin menjalankan usaha ringan, selagi Anda juga menjadi seorang guru. Semoga dengan cara inilah bisa memberikan Anda sebuah inspirasi untuk Anda yang kini menjadi seorang guru, namun ingin membangun usaha Anda sendiri.