Bisnis katering lebih menguntungkan daripada membuka bisnis restoran karena sejumlah alasan. Makanan dengan jenis yang sama dapat dihidangkan dalam porsi banyak hanya dalam sekali memasak. Dengan begini , akan memakan waktu lebih sedikit dari pada harus menyediakan seratus pesanan berbeda pada tiap individu. Keuntungan dari skala ekonomi bisa didapat disini. Apalagi, karena makanannya disajikan dalam prasmanan, dalam konteks penghematan tenaga pelayan juga berlaku disini. Karena tenaga yang dibutuhkan sangat minim. Awalnya, katering bisa mulai dalam skala kecil dan kemudian berkembang ke bisnis yang lebih besar.

omgendut.com

omgendut.com

Pengalaman

Memiliki pengalaman dalam bisnis katering sangat penting sebelum Anda memikirkan untuk memulainya sendiri. Dianjurkan agar Anda bekerja pada pemilik katering yang sudah mapan karena hal itu akan memberi Anda pengetahuan yang tak ternilai tentang bisnis ini. Bekerja sebagai koki pribadi juga akan membantu meningkatkan jaringan Anda dari mulut ke mulut. Mendapatkan pengalaman dari tangan pertama di lapangan memungkinkan Anda memperoleh wawasan tentang rincian bisnis yang lebih baik.

Konsep katering dan masakan

Katering pemula harus memutuskan jenis menu yang akan dia tawarkan, apakah Anda inginkan katering pernikahan, makan siang atau katering makanan ringan. Aspek penting berikutnya dari bisnis katering adalah makanannya. Pertama mulailah dengan makanan di mana Anda sudah ahli dan bisa menjamin kelezatannya. Usahakan anda selalu menyetok bahan dasar makanan. Sehingga apabila ada pesanan dapat dipenuhi dengan segera.

Karyawan

Karyawan membentuk inti bisnis apa pun itu dan mendapatkan seorang karyawan yang berpengalaman dan gesit dalam menjalankan tugas sangat penting untuk menunjang kerja anda. Di antaranya, orang pertama yang wajib dipekerjakan adalah koki yang sudah berpengalaman, terutama dalam bisnis katering. Karena anda tidak bisa sepanjang waktu berada di dapur untuk menyiapkan hidangan. Membawa orang lain sebagai koki ke dalam bisnis Anda membantu mengembangkan bisnis Anda dan membawanya ke tingkat berikutnya.

Peralatan Katering

Seorang katering harus memiliki persediaan peralatan katering yang bagus sehingga acara pelanggan dapat berjalan semulus mungkin. Beberapa peralatan yang dibutuhkan meliputi pembawa makanan, dispenser minuman, alat makan, piring saji, barang display dan sebagainya. Beberapa produsen peralatan restoran menyediakan persediaan barang-barang semacam itu dan anda bisa mulai dengan berbelanja barang-barang penting di awal. Namun, anda perlu untuk meneliti produk  peralatan dapur komersial sebelum anda membuat keputusan pembeliannya.

Selain di atas, keterampilan pemasaran, keterampilan perencanaan acara memiliki peran yang sama pentingnya dalam mendapatkan bisnis katering Anda berhasi. Jika anda tidak memiliki kemampuan pemasaran, saya sarankan untuk merekrut karyawan yang mahir di bidang tersebut. Demikan artikel tentang bisnis katering dari saya, semoga bermanfaat.

www.omgendut.com