Aneka Pilihan Tempat Wisata Manado

Manado merupakan ibukota dari provinsi Sulawesi Utara. Sebagai ibukota, Manado adalah kota paling ramai kedua di Sulawesi setelah Makassar. Banyak tempat wisata di Manado yang wajib untuk dikunjungi. Seiring adanya perkembangan ekonomi di Manado yang pesat, maka ada berbagai tempat wisata yang dapat dilihat di Manado. Terdapat macam-macam wisata Manado yang bisa dipilih untuk liburan bersama dengan keluarga. Berikut merupakan tempat-tempat wisata di Manado yang bisa dijadikan sebagai referensi liburan bersama dengan keluarga.

Tempat Wisata Manado Keluarga Bawah Laut

Kawasan wisata pertama yang wajib untuk dikunjungi ketika berada di kota Manado adalah Taman Laut Bunaken. Tempat ini memang sangat terkenal bagi para pecinta petualangan. Pemandangan bawah laut paling indah yang dimiliki oleh Bunaken, membuatnya masuk ke dalam salah satu dari warisan dunia yang ditetapkan oleh Unesco tahun 2005. Keindahan tersebut terlihat dari beragam biota laut, terumbu karang, dan ikan cantik bewarna warni yang ada di dalamnya. Tempat ini merupakan surga bagi yang cinta dengan kegiatan menyelam, fotografi, dan snorkeling. Terdapat lebih dari tiga puluh titik selam, sehingga membuat betah untuk berlama-lama menyelam. Bagi yang tidak dapat berenang, tidak perlu merasa khawatir, sebab disediakan sebuah kapal selam. Kapal selam ini didesain dengan kaca tembus pandang, sehingga bisa melihat pemandangan di bawah laut secara jelas. Meskipun dapat datang kapanpun, namun sebaiknya datang di bulan Maret hingga Agustus. Karena di bulan-bulan inilah air tampak lebih jernih, sehingga jarak pandang menjadi lebih jauh serta baik.

 

Tempat berikutnya yang juga tidak kalah indah dengan Bunaken, adalah Pulau Lembeh. Di pulau ini terdapat 88 spot untuk menyelam yang sangat indah. Seperti halnya Bunaken, Lembeh bisa menjadi satu rangkaian tempat wisata di Manado bagi pecinta diving, snorkeling, dan fotografi. Biaya masuk ke pulau kecil yang ada di kota Bitung ini cukup murah, yaitu 8.000 rupiah. Untuk bisa berkeliling di sekitar pulau bisa menyewa sebuah perahu dengan biaya sewa sekitar 300 ribuan. Namun, bila tidak menyukai kegiatan menyelam, bisa menikmati keindahan dari pulau berpasir putih dengan airnya yang jernih ini.

Rangkaian berikutnya setelah Bunaken dan Lembeh, adalah Taman Laut Tumbak yang terletak di Minahasa Utara. Untuk mencapainya dibutuhkan waktu sekitar 3 jam dari kota Manado. Seperti halnya kedua tempat wisata laut sebelumnya, Tumbak sangat cocok bagi yang menyukai hobi untuk berwisata bawah air. Terdapat 20 spot untuk diving dan juga snorkel. Spot-spot tersebut diantaranya Bohaga Mangrove, Taman Karang, Bohaga Kecil, Pintu Samudra, dan Napo Kipas. Belum banyak wisatawan yang mengetahui kawasan ini, meskipun mempunyai keindahan yang menakjubkan.

Demikian ketiga rangkaian wisata Manado bawah laut yang bisa dijadikan referensi terutama bagi yang menyukai kegiatan menyelam, snorkeling, dan fotografi. Keindahan dari masing-masing kawasan wisata tadi bisa menjadi daya tarik yang luar biasa. Selain sebagai kota paling ramai yang ada di Sulawesi setelah Makassar, Manado juga menyimpan keindahan luar biasa akan pemandangan bawah lautnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *