Kita akan lebih mencintai BATIK INDONESIA jika mengetahui fakta tentang batik

Berikut ini saya akan menyampaikan beberapa fakta unik yang belum kalian ketahui tentang batik. Nah jika anda ingin mengetahui nya anda bisa membaca artikel ini.

batik sebagai warisan budaya dunia unesco

  • unesco telah ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (masterpieces of the oral and intangible heritage of humanity) sejak 2 oktober, 2009. dalam prosesnya banyak kendala terutama pembuktian bahwa batik benar benar berasal dari indonesia.

membatik mata pencaharian wanita jaman dulu

  • batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya indonesia (khususnya jawa) sejak lama. perempuan-perempuan jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “batik cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.

 pengenalan batik pertama kali

  • batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh presiden soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada konferensi pbb.

sejarah nama batik

  • kata “batik” berasal dari gabungan dua kata bahasa jawa: “amba”, yang bermakna “menulis” dan “titik” yang bermakna “titik”

teknik pembuatan batik

  • batik adalah salah satu cara pembuatan motif pada kain. selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. untuk pembuatan baju batik pria tidak jauh berbeda dengan pembuatan batik perempuan

dalam bahasa jawa

  • 10 dari 11 proses pembuatan batik selalu diawali dengan huruf “n”. dimulai dari nyungging (membuat pola motif batik di kertas), njaplak (memindahkan pola dari kertas ke kain), nglowong (melekatkan malam di kain dengan canting sesuai garis pola), ngiseni (memberi motif isian atau isen-isen pada motif yang sudah dilekatkan dengan malam), nyolet ( mewarnai motif bunga atau burung dengan kuas), mopok (menutup bagian yang dicolet dengan malam. tahap ini diiringi dengan nembok atau menutup bagian dasar kain yang tidak perlu diwarna), ngelir (melakukan proses pewarnaan kain secara menyeluruh), nglorod (merupkan proses pembilasan yang dilakukan dua tahap. di pertengahan dan akhir. caranya dengan merendam kain di air mendidih), ngrentesi (memberikan titik menggunakan canting berjarum tipis), nyumri (menutup bagian tertentu dengan malam), nyoja (mencelupkan kain dengan warna coklat atau sogan. seperti ciri khas batik jogja dan solo).

Demikianlah artikel mengenai fakta unik tentang batik yang pada kali ini saya rangkum. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *