Definisi Transaksi Keuangan Yang sebenarnya

Akuntansi adalah sebuah ilmu yang mempelajari pencatatan transaksi keuangan hingga pembuatan laporan keuangan dan analisanya. Akuntansi dipelajari sejak siswa berada di SMA, saat baru pertama belajar akuntansi, siswa diberikan materi akuntansi jasa dan selanjutnya akuntansi perusahaan dagang.

dagang

transaksi keuangan merupakan kejadian-kejadian ataupun kejadian dalam aktivitas ekonomi yang mampu mempengaruhi aktivitas industri. dalam akuntansi segala transaksi yang mempengaruhi kekayaan industri dinyatakan dalam satuan mata duit.

transaksi keuangan mampu dibedakan bagi pihak yang melaksanakan dan juga bagi sumbernya: transaksi bagi pihak yang melaksanakan:

  1. transaksi keuangan internal merupakan transaksi yang terjalin secara internal tanpa mengaitkan pihak dari luar industri. contoh: penetapan konsumsi peralatan, penetapan jumlah piutang tidak tertagih, dan juga lain-lain.
  2. transaksi keuangan eksternal merupakan transaksi yang dicoba oleh industri dengan pihak lain di industri. contoh: pembelian perlengkapan, pembelian peralatan, dan juga lain-lain. transaksi keuangan bagi sumber

transaksi keuangan bagi sumber merupakan transaksi yang mempengaruhi modal dan juga pembedahan industri. transaksi keuangan bagi sumbernya mampu dibedakan jadi 2, ialah bagaikan berikut:

  1. transaksi modal merupakan transaksi yang mempengaruhi modal owner industri.

contoh: penanaman modal (investasi) dan juga pengembalian ataupun penarikan modal oleh owner.

2. transaksi usaha merupakan transaksi yang terdapat kaitannya dengan pembedahan industri. contoh: pembelian barang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *