Sekilas Tentang Asal Usul Seni Tulisan Kaligrafi

Kaligrafi berasal dari bahasa Inggris yaitu Calligraphy kata ini diambil dari bahasa Latin “kalios” yang artinya “Indah” sementara “graphy” artinya ” tulisan aksara”. Jadi arti kaligrafi secara keseluruhan adalah: kepandaian seseorang menulis dengan indah dan elok. Dalam bahasa arab menyebutnya “khoth” yang artinya Garis / khatulistiwa atau tulisan Indah. Garis diambil dari kata Arab yaitu “khaththulistiwa”, melintang indah membelah bumi menjadi dua bagian yang sangat indah.

Ada begitu banyak pendapat yang mengemukakan tentang siapa yang mula-mula menciptakan seni tulisan kaligrafi. Untuk mengungkap hal tersebut maka sebaiknya cerita-cerita keagamaanlah yang paling tepat dijadikan pedoman. Para pakar Arab mencatat, bahwa Nabi Adam As-lah yang pertama kali mengenal kaligrafi, yang berdasarkan sumber alquran surat al-Baqarah ayat 31.

Selai itu, masih ada lagi cerita-cerita keagamaan lainnya, misalnya banyak yang percaya bahwa bahasa atau seni tulisan berasal dari para dewa-dewa. Nama Sanskerta adalah Devanagari, yang memiliki arti “bersangkutan dgn kota para dewa”. Namun perkembangan selanjutnya mengalami perubahan akibat pergeseran zaman dan perubahan watak manusia. Sehingga  muncul tafsiran-tafsiran baru tentang asal-usul penemu tulisan indah atau kaligrafi yang lahir dari ide sebuah “lukisan” atau “menggambar” yang kemudian dipahat atau dicoretkan pada benda-benda tertentu seperti kertas, daun, kayu, kulit, tanah, atau batu.

Awal mula tulisan tersebut berdasarkan pada gambar-gambar orang-orang primitif. Kaligrafi Mesir Kuno yang disebut sebagai Hieroglyph berkembang menjadi Hieratik, yang dipergunakan oleh pendeta-pendeta  dan pemuka agama Mesir untuk keperluan keagamaan. Mulai dari huruf Hieratik yang kemudian muncul huruf Demotik yang dipergunakan oleh rakyat umum selama beberapa ribu tahun lalu.

Hingga akhirnya tulisan dan gambar tersebut ditemukan pada 3200 SM di lembah Nil namun bentuknya tidak berupa kata-kata melainkan seperti tulisan paku, yang disederhanakan dalam bentuk-bentuk gambar sebagai simbol-simbol pokok tulisan yang mengandung isyarat dan pengertian. Kaligrafi bentuk inilah yang diduga sebagai cikal-bakal asal dan usur dari kaligrafi Arab.

Di Indonesia sendiri Tulisan Kaligrafi pertama kali ditemukan di daerah Gresik, Jawa Timur , tepatnya  pada makam Fatimah binti Maimun yang wafat pada tahun 495H/1028M. pada makam itu terdapat tulisan Kaligrafi yang menggunakan kaligrafi Khat Kufi. Kemudian kaligrafi berkembang pesat mengikuti perkembangan Islam dan kemajuan di Indonesia sampai saat ini.

 

Sumber Gambar : Kaligrafi islam

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *