PERKEMBANGAN BAYI USIA 9 BULAN

Mempunyai seorang bayi merupakan kebahagian tersendiri bagi orang yang berkeluarga. Pastinya sebagai orangtua yang baik tidak ingin ketinggalan mengikuti perkembangan yang terkecil sekalipun  dari sosok malaikat mungil ini dari waktu ke waktu. Pada usia 9 bulan biasanya bayi akan mulai aktif sehingga diperlukan perhatian khusus dalam kegiatannya sehari-hari. Bayi pada usia ini mulai senang menjelajah, dan mereka akan mulai merangkak dari satu titik ke titik lain.

Bayi usia 9 bulan juga dapat bermain seperti mengeluarkan benda dari dalam kotak dan dia akan senang bermain dengan mainan yang penuh warna. Peran orangtua bisa menjadi teman main yang menyenangkan bagi bayi. Bayi pada usia ini, anda sebagai orang tua harus memperhatikan lebih, cobalah untuk melatih bayi mengenal bentuk suatu benda dengan memberi beberapa mainan didalam kotak dan membuatnya memilih bentuk yang dia sukai.

Dalam perkembangan kemampuan berbicara pun pada usia ini dia dapat memahami kata-kata serta bunyi disekitarnya. Dia akan mulai meniru-niru suara yang dia dengar disekitarnya, serta dalam  mengingat dia akan tahu bagaimana suara-suara yang ada disekitarnya, dan akan menunjuk-nunjuk jika di ajak bicara untuk mengenal benda. Pada usia 9 bulan ini juga, bayi akan mulai berbicara sepatah-patah walau belum jelas.

Kemampuan sosial bayi pun berada pada titik puncaknya, dimana dia tidak akan merasa nyaman apabila tidak bersama orang tua dan atau orang terdekatnya. Keadaan ini membuat orang tua harus menyiapkan beberapa mainan agar ketika dia merasa tidak nyaman maka bisa teralihkan dengan mainannya. Akan tetapi bayi usia 9 bulan bisa merasa senang apabila menjadi pusat perhatian orang disekitarnya. Seperti ketika bayi sedang makan bersama, dia akan senang membagi-bagikan makanan yang dia punya, dan jika makanan yang di bagikan di terima, dia akan merasa senang.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika bayi umur 9 bulan ini selain kemampuan motorik dan sosial yang sedang berkembang, perhatikan juga kesadaran dan ingatanya. Biasanya pada Usia seperti ini bayi sudah mengingat hal-hal yang sangat spesifik, seperti dimana tempat dia tidur, dimana tempat mainannya. Dia juga dapat menirukan beberapa yang sudah dia ingat, seperti bagaimana permainan lempar bola, bahkan ingatan seminggu sebelumnya. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan ingatan jangka pendeknya mulai terbentuk.

TIPS

Ada beberapa tips yang perlu orangtua lakukan ketika bayi umur 9 bulan. Berikanlah tidur yang sangat cukup bagi bayi agar kegiatannya yang aktif tidak mempengaruhi kesehatannya. Dalam menyimpan barang, usahakan agar menyimpan dengan baik dan teratur agar barang yang berbahaya tidak membahayakan aktivitas bermain bayi anda. Jangan juga meninggalkan bayi anda dengan sendirinya tanpa adanya pengawasan. Jauhkanlah bayi anda dari ruang dapur serta tangga, tempat tersebut bukan hal yang aman untuk bayi anda bermain.

Konsultulasilah kepada dokter mengenai perkembangan buah hati anda, jika dirasa ada yang janggal seperti tidak memperhatikan ketika anda menunjuk sesuatu, atau tidak merespon ketika anda menyebut namanya, bahkan tidak mengenali anda sebagai orangtuanya, segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter.

Rasa ingin tahu akan ilmu serta pengalaman baru yang menarik akan selalu membuat bayi anda antusias, selalu perhatikan perkembangan bayi anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *