Kenapa Anak Kost gagal membangun bisnis rumahan

Menjadi anak kost memang gampang-gampang susah untuk dijalanani bisnis rumahan. Apalagi bagi kalian yang baru pertama merasakan yang namanya ngekost pastinya akan susah beradaptasi dengan lingkungan anak kost. Jika dulu saat dirumah ada orang tua yang selalu memperhatikan,  makanan sudah disiapkan serta kebutuhan lain selalu siap sedia.

bebas

Salah satu tantangan menjadi anak kost yaitu tentang mengelola keuangan bulanan apalagi menjadi anak kost jakarta. Uang yang diberikan orang tua biasanya diberikan satu kali dalam sebulan. Nah dalam sebulan ini kita diharuskan untuk pintar-pintar mengatur keuangan jangan sampai belum saatnya kiriman uang datang sudah habis, kalau bisa malah kita sebagai anak kost bisa menyisihkan uang kiriman untuk ditabung.

Masalah yang timbul bukan karena sedikit atau banyaknya kiriman uang dari orang tuamu, tetapi dari bagaimanan kalian mampu mengelola untuk berbelanja ataupun jajan dalam satu bulan. Nah dikesempatan hari ini saya akan memberikan cara jitu hidup hemat anak kost yang bisa kalian lakukan, berikut daftarnya :

  1. Masak nasi sendiri

Kalian bisa memasak nasi sendiri di kost, kemudian untuk lauknya kalian bisa membelinya diwarunng. Dengan cara ini niscaya uang makan kamu alan lebih hemat.

  1. Mengisi kamar dengan 2 orang

Salah satu cara agar sewa kamar kost menjadi lebih murah yaitu dengan mengisi satu kamar dengan 2 orang. Sisa dari uang sewa tersebut bisa untuk bayar listrik, air, internet atau kebutuhan sehari-hari.

  1. Mengerjakan tugas di kampus

Alasan mengerjakan dikampus agar kalian bisa menghemat listrik dan pemakaian internet. Selain itu kalian juga bisa saling bersosialisasi dengan akrab teman sekampus.

  1. Rajin menabung

Dengan rajin menabung niscaya hasil tabungan nantinya kedepannya akan bermanfaat untuk kalian. Kalian bisa menyisihkan 1000-5000 setiap hari untuk dimasukan di tabungan.

  1. Memiliki jiwa enterpreneurship

Kalian harus bermental kuat saat memulai berwirausaha. Karena sebagai anak kost kita dituntut untuk belajar mandiri. Minimal kalian bisa mendapatkan uang yang halal dari jerih payah kalian, mulailah dari teman kalian dulu bisa dengan jual pulsa atau kebutuhan pribadi.

  1. Carilah beasiswa

Jika kalian termasuk mahasiswa yang memiliki IPK yang tinggi dan aktif dalam organisasi pastinya akan lebih mudah dalam mencari beasiswa. Banyak sekali beasiswa yang bisa coba kalian daftari, siapa tahu bisa mendapatkannya.

  1. Jomblo saat kuliah

Yang terakhir ini mungkin banyak yang tidak setuju dan susah dilakukan. Karena dengan jomblo kita akan lebih hemat dalam pengeluaran misal untuk makan bareng, main bareng, nonton bareng dan lainnya. Belum lagi kalau ternyata kalian putus ditengah jalan, pastinya uang yang kalian keluarkan akan sia-sia dan penyesalan yang akan datang.

itulah 7 hal yang membuat anak muda susah untuk membuka usaha rumahan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *